7 Makanan Super

Jakarta – Persoalan makanan bukan hanya sekedar urusan perut saja, tapi juga harus diperhatikan soal kandungan nutrisinya. Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya pemenuhan nutrisi harian sebaiknya sudah didapat dari makanan yang dimakan sehari-hari. Apa saja makanan super yang bisa memasok semua kebutuhan itu?

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari tidak hanya berfungsi sebagai penghilang rasa lapar, tapi juga sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, tapi ada beberapa jenis makanan yang menjadi sumber nutrisi yang sangat baik untuk daya tahan dan juga metabolisme tubuh.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan, polyphenol, vitamin, dan juga mineral yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut secara teratur setiap harinya dapat membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari beberapa jenis penyakit.

Makanan-makanan ini biasa disebut juga dengan ‘Superfood’. Menurut health.com, makanan yang termasuk ‘Superfood’ diantaranya:

Tomat
Tomat bisa dikategorikan sebagai superfood karena kandungan lycopene sebagai sumber antioksidan yang jarang ditemui di jenis makanan lainnya. Berdasarkan penelitian, lycopene ini bisa menjaga kulit dari efek jahat sinar UV, dan mencegah berbagai jenis kanker, dan turut menurunkan kolesterol. Selain lycopene, tomat juga mengandung potassium, serat dan vitamin C yang tak kalah tinggi.

Blueberry
Jenis beri-berian ini mengandung phytonutrients yang berfungsi menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas adalah penyebab penuaan dan pengrusakan sel tubuh. Blueberry juga mengandung antioksidan yang juga melindungi tubuh dari serangan kanker ataupun demensia.

Kailan

Untuk mendapatkan phytonutrient tidak melulu dari sayur bayam, jenis sayur lain yang tak kalah kaya nutrisi adalah kailan. Phytonutrient ini bisa mencegah terjadinya kanker payudara dan juga kanker ovarium.

Kedelai Hitam
Dalam satu cangkir kedelai hitam, terkandung protein sebesar 15 gr. Lemak yang terdapat dalam kacang tidak menyebabkan penyumbatan pada arteri. Kacang hitam juga mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Brokoli

Brokoli mengandung fitonutrien yang dapat menekan pertumbuhan tumor dan mengurangi resiko terkena kanker. Satu cangkir brokoli dapat mensuplai tenaga dan vitamin C harian Anda. Asam folatnya juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Salmon

Sudah tidak diragukan lagi kalau ikan salmon adalah ikan yang kaya nutrisi. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Asam lemak omega-3 ini membantu mengatasi peradangan, membantu sirkulasi darah, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi terkena resiko kanker. Salmon juga menjadi sumber mineral yaitu, selenium yang bisa mengurangi kerusakan sel tubuh.

Oatmeal
Oatmeal mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan mineralnya juga tak kalah, sebut saja magnesium, potasium, dan phytonutrient. Jenis serat yang ada pada gandum memiliki keistimewaan karena dapat menyerap kolesterol jahat sehingga terhindar dari resiko penyakit jantung. Sedangkan magnesium berfungsi untuk mengatur kadar gula darah agar tetap berada dalam tingkat normal.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s