Mencegah Obesitas dengan Pola Makan yang Baik

Jenis dan kuantitas makanan berdampak langsung pada berat badan kita. Siapa pun yang makan melebihi kebutuhan kalori akan mendapati berat badannya meningkat. Melakukan kebiasaan makan yang baik dan memilih makanan yang sehat dapat mencegah obesitas dan konsekuensi kesehatan yang terkait.

1. Lemak dan serat makanan

Komposisi asam lemak dan kandungan serat makanan memengaruhi berat badan dan lemak darah Anda. Diet yang sehat harus kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3. Asam lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak yang ditemukan dalam berbagai makanan dan minyak. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya lemak tak jenuh tunggal menurunkan kadar kolesterol darah,  sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak ini dapat memperbaiki kadar insulin dan kontrol gula darah, yang sangat membantu jika Anda memiliki diabetes tipe-2. Asam lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, alpukat, dan kanola. Asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan berminyak. Serat dapat diperoleh dari buah, biji-bijian dan sayuran.

Penting bagi Anda untuk memerhatikan kandungan lemak dari makanan. Secara keseluruhan sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 60 gram lemak per hari.

2. Buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin dan mineral, selain dapat membuat kita merasa kenyang tanpa harus memasukkan banyak kalori. Konsumsi yang direkomendasikan adalah tiga porsi sayuran dan dua porsi buah setiap hari: sekitar 600 gram. Lebih banyak lebih baik dan tidak akan merugikan kesehatan Anda.

3. Lima kali per hari

Untuk alasan kesehatan, sebaiknya Anda menyebarkan asupan kalori Anda dalam lima porsi per hari. Penyebarannya adalah 25% untuk sarapan dan makan malam (500 kkal), 30% untuk makan siang (600 kkal) dan makanan ringan dua kali dengan total asupan energi 10% sisanya (200 kkal).

4. Mengunyah dengan sempurna

Untuk menemukan jumlah makanan yang tepat, Anda perlu mengenali kapan Anda merasa kenyang. Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu untuk makan. Kunyahlah makanan dengan baik (sekitar 20 kali setiap suapan), ambillah jeda untuk merasakan bila Anda sudah kenyang.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s