Bersihkan Dapur dari 6 Makanan Ini

Kamis, 19/05/2011 16:05 WIB

Bagi wanita terutama ibu rumah tangga, Belanja merupakan hal yang memang mengasyikkan, bahkan kadang lupa dengan belanjaan penting yang harus dibeli. Hampir semua barang terasa diperlukan saat melihatnya di rak pajangan. Waspadalah karena jangan-jangan belanjaan Anda jadi tumpukan bahan di lemari!

Sesekali lakukan ‘sweaping’ pada dapur Anda. Pastikan hanya makanan-makanan yang baik nutrisi dan jelas manfaatnya untuk tubuh yang ada di dapur dan lemari es. Seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, yoghurt, dan lain-lain. Makanan yang mengandung banyak sekali gula, lemak jenuh, dan tinggi natrium sebaiknya dihindari.

Sebaiknya bersihkan makanan-makanan berikut ini dari dapur Anda:

Soda dan Minuman Kalengan
Minuman soda dan minuman kalengan lainnya memang asyik sebagai teman nonton atau santai. Tapi kedua jenis minuman ini justru mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi. Menurut David Leopold, MD, direktur Scripps Center for Integrative Medicine, minuman bersoda dan minuman kaleng lainnya biasanya mengandung gula sebanyak 50 gram per 500 ml nya.

Sereal Tinggi Gula Rendah Serat
Jika Anda termasuk orang tua yang sibuk dan hanya bisa menyiapkan sarapan sereal untuk keluarga, sebaiknya pilih sereal dengan kandungan serat tinggi dan rendah lemak. Karena jika seratnya kurang, tidak akan mengenyangkan dan cenderung makan lebih banyak di siang hari.

Snack Cakes dan Cupcakes
Camilan seperti snack cakes dan juga cupcakes mengandung gula dan lemak jenuh dari mentega yang dipakai. Biasanya camilan jenis ini mengandung kalori yang cukup tinggi. Kandungannya bisa melebihi jumlah kalori yang seharusnya dikonsumsi dalam satu hari.

Popcorn
Popcorn kini tidak hanya dijumpai di bioskop saja, tapi juga sudah banyak dijual di pasar swalayan dalam bentuk siap masak. Pilihannya juga beragam, ada yang rasanya asin, caramel, hingga keju. Meskipun terlihat sepele, camilan ini bisa jadi sumber lemak jenuh untuk tubuh.

Keripik
Camilan renyah ini memang asyik buat teman santai. Apalagi kalau Anda hobi sekali nonton video di akhir pekan. Kadang, berkantung-kantung keripik bisa dihabiskan tanpa terasa. Hal ini harus dibatasi, karena keripik biasanya mengandung garam yang cukup tinggi sehingga tak heran jika rasanya gurih. Jika demikian, pilihlah keripik sehat yang kandungan natriumnya jauh lebih rendah.

Mi Instan
Mi instan baik dalam kemasan plastik ataupun cup cenderung tinggi sodium dan juga pengawet. Sodium yang tinggi jika dikonsumsi terus menerus akan merusak kondisi ginjal, gangguan hipertensi. Apalagi untuk orang-orang usia lanjut.

Nah, tunggu apalagi? Pastikan dapur Anda bebas dari makanan-makanan di atas.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s