Kiwi si Raja Vitamin C

Kamis, 16/06/2011 09:40 WIB

detikFood

Jakarta – Buah yang memiliki kulit cokelat berbulu halus ini, daging buahnya berwarna hijau cantik. Rasanya asam manis dan enak dicampur dalam kue, puding atau jus. Sejumlah nutrisi penting pun ada pada buah yang memiliki biji kecil hitam ini.

Buah yang berasal dari New Zealand ini mempunyai manfaat besar untuk tubuh. Buah kiwi yang rasanya asam manis ini kaya akan mineral dan vitamin. Nutrisi yang dikandung sangat banyak dan bagus untuk tubuh dan kecantikan.

Ada 2 jenis buah kiwi, kiwi hijau dan kiwi gold atau kuning. Sesuai dengan namanya, kiwi hijau memiliki daging buah berwarna hijau. Sedangkan kiwi gold atau kuning, dagingnya berwarna kuning. Buah ini memiliki bentuk dan biji hitam kecil yang ada di bagian tengah buat sehingga warnanya makin cantik.

Kiwi enak dimakan segar, atau dijadikan pelengkap es buah dan puding. Irisan daging buahnya yang cantik sering dipakai sebagai hiasan kue atau minuman, sehingga tampilan jadi cantik. Nutrisi apa saja yang terkandung dalam satu buah kiwi?

Vitamin C
Buah kiwi kaya akan vitamin C. Tiap 100 gram buah kiwi memiliki 100 mg vitamin C, sedangkan 100 gram buah jeruk hanya menyediakan 54 mg vitamin C. Ini berarti kandungan viatmin C pada sebuah kiwi sama dengan 2 buah jeruk.

Antioksidan
Pada kiwi terdapat kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain, yang bisa membentuk antioksidan. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya tubuh lebih sehat dan bertahan terhadap penyakit.

Lutein dan Betakarotein
Kiwi memiliki kandungan lutein dan beta karoten yang merupakan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Makan kiwi secara teratur berfungsi baik untuk memelihara kesehatan mata.

Kalium
Kandungan kalium pada kiwi berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Bisa juga mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Atasi sembelit
Kiwi dapat membantu anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung. Serat yang terkandung dalam buah kiwi bisa membantu memperlancar kerja usus besar.

Kiwi juga bisa dipakai untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari radikal bebas yang bisa merusak kelembapan kulit. Makan kiwi secara teratur setiap hari bisa membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah timbunan plak pada dinding arteri.

(Odi/Odi)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s