Kenali…Tanda-tanda Tubuh Sudah Makan Berlebih

Siapa yang tidak suka  makan..?!?! Hal ini merupakan rutinitas wajib yang di lakukan oleh hampir seluruh umat manusia di bumi.

Namun akan tidak baik jika segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh termasuk dalam hal makan. Tapi sayangnya tak banyak orang yang menyadari. Untuk itu ketahui apa saja tanda yang muncul dari kelebihan makan (overeating).

Umumnya seseorang tidak tahu dengan pasti apakah jumlah makanan yang masuk sudah sesuai kebutuhan atau tidak, karena sulit mengukurnya sehingga terkadang ia tetap makan meski kebutuhannya sudah terpenuhi.

Meskipun tidak ada ukuran pasti seberapa banyak makanan yang tepat dikonsumsi, tapi hal ini masih bisa diketahui melalui perasaan masing-masing orang. Untuk itu ketahui apa saja tanda-tanda yang muncul jika seseorang sudah kelebihan makan, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (25/10/2011) yaitu:

  1. Mulai merasa kembung segera setelah makan
  2. Merasa tidak nyaman setelah makan, padahal seharusnya makanan membawa perasaan kepuasan
  3. Perut terasa penuh sehingga merasa ada sensasi seperti ingin muntah
  4. Merasa malas dan mengantuk segera setelah makan, bahkan kadang merasa ingin berbaring di tempat tidur
  5. Merasa haus tapi tidak bisa minum karena perut sudah merasa kembung atau penuh

Beberapa kondisi diketahui bisa menyebabkan seseorang makan berlebih seperti:

  1. Stres, karena makanan tertentu terutama karbohidrat memiliki efek bisa menenangkan otak dan menekan hormon stres sehingga membuat seseorang merasa lebih baik.
  2. Kebiasaan, beberapa orang akan berlebih karena memang sudah kebiasaannya seperti itu sehingga sulit diubah.
  3. Disfungsi otak, suatu kondisi yang mana reseptor otak gagal menerima sinyal kenyang yang dikirim oleh perut atau bahkan bisa saja perut tidak mengirim sinyal sama sekali.
  4. Pesta, umumnya tamu di suatu pesta akan makan lebih banyak dibandingkan dengan tuan rumah.

Bukan lagi rahasia umum, kalau kebiasaan makan berlebihan bisa menimbulkan risiko penyakit seperti diabetes, obesitas atau penyakit kardiovaskular. Tapi kenyataannya, mengubah pola makan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan terutama bagi yang sudah menjadi kebiasaan.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari makan berlebih yaitu:
1. Makanlah di meja makan dan hindari sofa atau tempat tidur, hal ini karena kedua tempat tersebut bisa membuat orang rileks dan nyaman sehingga sangat memungkinkan untuk makan berlebih.
2. Jangan makan sambil melakukan aktivitas yang lain seperti menonton televisi atau membaca karena bisa membuat pikiran dialihkan dan gagal menerima sinyal. Selain itu otak butuh waktu 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah penuh sehingga sebaiknya makan perlahan dan menguyah secara teratur.
3. Mengemil makanan kecil diantara jadwal makan besar seperti di pertengahan pagi dan siang untuk menghindari makan berlebih saat masuk ke jadwal makan besar.

sumber: detikhealth

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s