ARTIKEL LEADERSHIP

Rabu 20.00 wita, 11-01-2012

By: Fitri Ainun Ibrahim

SEVENT CONSECUTIVE YEARS, MEMBUAT DIA MENJADI KING OF INSURANCE DI INDONESIA.

Dewasa ini, seiring dengan kemajuan dan teknologi, perkembangan dalam sektor ekonomi tidak luput dari perhatian, disamping penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri, bidang perbangkan, pasar modal dan lain sebagainya termasuk di antaranya bidang perasuransian, yang masisng-masing menjanjikan prospek serta keuntungan yang  jumlahnya tidak sedikit.

Di dalam kehidupan sehari- hari kita sebagai manusia banyak mengalami kejadian-kejadian yang tidak tentu atau resiko – resiko yang akan menggangu jalannya kehidupan kita dan akan merugikan kita, antara lain Seperti, kehilangan harta kekayaan, kehilangan nyawa, kecelakaan, kebakaran, kerusakan pada hasil pertanian, kecelakaan pada angkutan umum, angkutan laut, dan angkutan udara, dan sebagainya. Dengan adanya asuransi, kita dapat mengalihkan risiko itu kepada pihak  perusahaan yang bergerak dalam bidang perasuransian untuk menanggung resiko – resiko yang seharusnya kita tanggung sendiri, sehingga dapat membantu kita dalam mengurangi bebean hidup.

Di era sekarang ini, sektor perasuransian berkembang amat pesat seiring berkembangnya sektor ekonomi yang semakin maju dan semakin membaik. sektor perasurasian mengalami kemajuan yang sangat besar, Khususnya di indonesia. Menigkatnya kebutuhan serta permintaan masyarakat  membuat sektor ini bak jamur yang tumbuh di musim hujan,  terlihat dari bermunculannya perusahaan asuransi yang menawarkan proteksi, yang menawarkan berjuta kenikmatan dan kemewahan dalam merebut pangsa pasar. Begitu ketatnya persaingan untuk merebut pangsa pasar, mendorong setiap perusahaan asuransi dalam menetapkan strategi yang jitu guna mengembangkan dan mempertahankan aset yang sudah ada. Aset yang dimaksud disini meliputi, aset finansial, aset sumber daya manusia (karyawan), serta asset pangsa pasar (pengguna jasa).

Menurut ketentuan Pasal 1 angka (1) Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992:

“Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara 2 (dua) pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau taggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dan suatu peristiwa tidak pasti atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas rneninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan (Caray,2010).

Mengusung misi “Menjadi perusahaan Jasa Keuangan Ritel terbaik di Indonesia, melampaui pengharapan para nasabah, tenaga pemasaran, staf dan pemegang saham dengan memberikan pelayanan sempurna, produk berkualitas, tenaga pemasaran profesional yang berkomitmen tinggi serta menghasilkan pendapatan investasi yang menguntungkan.”

Membuat PT Prudential Life Assurance menjadi perusahaan asuransi terbaik dalam kurun waktu 7 tahun. Hal ini terbukti dari penghargaan Best Insurance 2011 versi Majalah Investor sebagai “Star Performer Award” sekaligus “Golden Award”. Selain penghargaan tersebut, Prudential juga mendapatkan penghargaan dalam kategori perusahaan asuransi jiwa terbaik untuk kategori aset di atas Rp 10 triliun.

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Misi, PT Prudential Life Assurance memiliki Empat Pilar, yaitu fondasi yang merupakan dasar berdiri dan berkembangnya perusahaan serta yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain. Berikut ini adalah Empat Pilar :

  • Semangat untuk selalu menjadi yang terbaik
  • Organisasi yang memberikan kesempatan belajar
  • Bekerja sebagai suatu keluarga
  • Integritas dan Keuntungan yang merata bagi semua pihak yang terkait dengan perusahaan

Sistem Manajemen

Sejak peluncuran produk asuransi  pertamanya  PT Prudential Life Assurance di inonesia pada tahun 1999, prusahaan ini sudah memiliki daya tarik tersendiri, khususnya di Indonesia. Sambutan hangat dari masyarakat, Membuat peusahaan asuransi ini dengan mudah merambah pasar perekonomian Indonesia. Dengan mengusung Motto:

 “ Hanya dengan mendengarkan, kami dapat memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, dan hanya dengan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, kami dapat memberikan produk dan tingkat pelayanan sesuai dengan yang diharapkan”

Mengutip dari motto PT. Prudential yaitu “memberikan produk dan tingkat pelayanan sesuai dengan yang diharapkan” Prudential Indonesia itu sendiri menawarkan berbagia produk  yang di desai untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya di Indonesia. Dapat terlihat dari bagan tabel di bawah ini

Produk PT. Prudential Indonesia

PRUlink fixed pay PRUprotector plan PRUlink syariah investor account
PRUlife PRUmed PRUhospital care
PRUlife for juveniles PRUlink assurance account plus PRUsave
PRUmajor medical PRUlink investor account PRUsave for juveniles
PRUaccident plus PRUlink syariah assurance account PRUlife protection plus

 

Sumber : PT Prudential Life Assurance

Dengan memahami kebutuhan-kebutuhan unik para nasabah, Prudential Indonesia selalu menciptakan inovasi baru dan menawarkan produk-produk asuransi jiwa dan investasi yang lengkap guna memenuhi kebutuhan para nasabah. Hal ini tak terlepas dari sistem manajemen serta  sistem organisasi yang baik, yang telah lama di terapkan oleh PT Prudential Life Assurance, dengan menerapkan sistem organisasi Line dan Staff.

Gambaran umum dari bagian-bagian kerja pada PT Prudential Life Assurance dan tugas-tugasnya

Unit

Tugas dan tanggung jawab

Unit Manager a.    Berusaha untuk mencari nasabah-nasabah dan menjual polis.

b.    Bertugas untuk merekrut sales-sales dan menerangkan produk dari asuransi yang ada serta menjelaskannya.

c.    Memberikan seminar-seminar yang di anggap perlu untuk para sales.

Under Writing

 

a.    Bertugas untuk mengawasi perbuatan polis dan pengeluaran dari polis asuransi yang telah di terima preminya.

b.    Bertugas untuk memberikan beberapa ilustrasi produk yang mungkin di perlukan oleh sales.

Residence Manager

 

a.    Bertanggung jawab terhadap Branch Manager dan memberikan laporan bulanan penjualan polis dan komisi serta premi.

b.    Bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pelayanan terhadap nasabah.

Bagian Ilustrasi Produk

 

a.    Bagian ini bertugas untuk membuat ilustrasi produk sesuai dengan yang terdapat dalam formulir permohonan nasabah.

b.    Bertugas untuk membuat ilustrasi produk yang di perlukan oleh para sales.

Bagian Pemulihan Polis

 

a.    Bertugas untuk menghitung bunga yang di kenakan kepada nasabah karena tunggakan premi.

b.    Bertugas untuk memulihkan kembali polis yang sementara di bekukan.

Bagian Perubahan Polis a.    Bertugas untuk membantu nasabah yang hendak melakukan perubah terhadap polis yang dimilikinya.
Bagian Klaim a.    Bertugas untuk membantu nasabah dalam pengklaiman bonus, nilai tunai.

b.    Bertugas untuk memperhatikan surat-surat yang di perlukan dalam klaim tersebut.

Bagian Kasir

 

a.    Bertugas untuk menerima uang yang di setor oleh nasabah maupun yang di transfer langsung ke rekening perusahaan.

b.    Membuat laporan kas kepada kantor pusat.

Bagian kuitansi a.    Bertugas untuk mendistribusikan kuitansi kepada masing-masing sales sesuai dengan nomor sales tersebut dan juga menyerahkan kepada penagih, kuitansi yang nomor salesnya telah tidak bekerja.
Bagian Penagihan a.    Bertugas untuk menagih kepada para nasabah yang preminya telah jatuh tempo.

b.    Bertugas untuk melaporkan bagian kuitansi secara mingguan yang belum tertagih.

Sumber : PT Prudential Life Assurance

Sistem organisasi inilah yang menjadi pilar dasar perkembangan PT Prudential Life Inss di Indonesia, dengan adanya wewnang serta tanggung jawab masing-masing membuat organisasi menjadi terarah dan terfokus pada tujuan yang ingin di capai.  Samapi saat ini PT Prudential Life Assurance masih, dan akan terus melakukan perbaikan, dari berbagai aspek, guna mewujudkan misi  “Menjadi perusahaan Jasa Keuangan Ritel terbaik di Indonesia”. Dengan demikian, Perusahaan Asuransi dalam hal ini PT Prudential Life Assurance, memiliki kedudukan yang strategis dalam upaya memajukan kesejahteraan umum dan kehidupan perekonomian Indonesia.

 

Daftar Pustaka

Prudential, 2011. Tentang Kami. Tersedia (http://www.prudential.co.id/pruweb/img/favicon.ico)

wiwi, 2011. 10 perusahaan asuransi terbaik di indonesia yahun 2011. Tersedia (http://www.asuransicerdas.com/wpcontent/themes/news_10/images/favicon.ico)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s